Cara Mengoptimasi SEO Video Youtube

Youtube telah berubah menjadi ladang uang yang menjanjikan setidaknya lima tahun terakhir. Ada banyak youtuber baru yang lahir di Indonesia dengan gaya dan jenis video yang menarik.



Bahkan beberapa orang telah menjadikan youtube sebagai mata pencaharian utama. Tidak heran memang, karena penghasilan dari youtube bisa mengalahkan pejabat dengan golongan paling tinggi sekalipun.

Meski telah banyak yang bermain youtube, namun masih sangat minim yang bisa stabil penghasilannya. Sehingga beberapa masih meragukan keampuhan youtube. Padahal, bermain Youtube juga perlu dioptimasi sama seperti blog yang juga harus dimaksimalkan SEO-nya (Search engine optimization).

(Baca Juga: Cara Alami Meningkatkan Viewers Youtube)

Berikut Blogooblok berikan beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan pendapatan di Youtube:

1. Penamaan File Video

Langkah ini banyak yang sepelekan. Padahal inilah hal yang paling dasar yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penghasilan di Youtube. Sebelum mengupload video di Youtube sebaiknya nama file video yang tersimpan di komputer sudah mengandung kata kunci yang disasar.

Misal video Anda tentang kumpulan video lucu bayi, maka nama filenya harus diberi nama kumpulan-video-lucu-bayi.mp4. Nama file sebaiknya menggunakan tanda kurang, karena kalau spasi akan terbaca sebagai satu kata saja.

2. Judul Yang Tepat

Judul video juga sangat penting diperhatikan. Jangan asal-asalan saat memberi judul pada video yang diupload. Usahakan judulnya sudah mengandung kata kunci yang ditarget.

Video di Youtube itu bersifat everlasting, jadi baiknya membuat judul bisa dicari sampai kapan pun. Terapkan juga judul yang bersifat mengajak atau call to action dan sudah mengandung kata kunci di depannya. Ini untuk mendapat ranking terbaik di pencarian Youtube.

3. Beri Deskripsi yang Menarik

Kebanyakan youtuber menggangap deskripsi tidaklah penting. Padahal itu sangat penting. Lagian buat apa youtube memberi kotak desktripsi kalau tidak digunakan.

Saat memberi dekstripsi usahakan relevan dengan video yang diupload dan mengandung kata kunci. Penjelasannya harus jelas, padat dan buatlah terlihat alami. Dalam deskripsi, Anda juga bisa memberi link keluar atau menautkan video Anda yang lainnya.

4. Tambahkan Tag Yang Relevan

Tag pada video youtube semacam pengkategorian dari video jenis serupa di youtube. Misalnya ada yang mencari kata "begal" di Youtube, maka youtube akan merekomendasikan sejumlah video dari kategori yang sama.

Jadi, isilah tag setiap video Anda sebaik mungkin. Paling baik kalau setiap video mengandung 12 tag dengan jumlah karakter tidak lebih dari 120. Untuk memisahkan tiap gak, baiknya pakai tanda kutip ganda.

Artikel Terkait :
  1. Cara Daftar Driver Gojek dengan Mudah
  2. Cara Daftar Paket Internet BizNet dengan Mudah
  3. Cara Daftar Akun Google Lewat HP dan Komputer
  4. Cara Daftar BBM Android Samsung Terbaru
  5. Cara Daftar Whatsapp dengan Mudah
  6. Cara Daftar Twitter dengan Mudah
  7. Cara Daftar Haji Reguler Paling Mudah
  8. Cara Daftar Bitcoin Wallet dengan Mudah
  9. Cara Daftar NPWP Online Pribadi 
  10. Cara Daftar BPJS Online Perorangan dengan Mudah 
  11. Cara Daftar MTIX Online dengan Mudah 
  12. Cara Daftar Instagram Lewat Facebook dan Email
  13. Cara Daftar Line di Android dengan Mudah

0 Response to "Cara Mengoptimasi SEO Video Youtube "

Posting Komentar