7 Alasan Homestay Bisa Jadi Pilihan Saat ke Luar Kota

Saat ingin berlibur ke luar kota dalam beberapa hari, salah satu hal yang perlu dipikirkan adalah penginapan. Kamu pasti nggak mau kalau hari-harimu berlibur terganggu gara-gara tidurmu yang nggak nyenyak, kan? Kalau punya teman atau saudara di kota tujuan sih kamu bisa nebeng di tempat mereka, tapi kalau memang kamu nggak punya tebengan, mencari penginapan jadi satu-satunya solusi.

Selain hotel, homestay juga bisa jadi salah satu pilihan. Lalu apa sebenarnya keuntungan pakai homestay atau guest house? Berikutbrilio.net kasih 7 alasan kenapa homestay bisa jadi pilihan tepat saat ke luar kota, berdasarkan penuturan pemilik We Stay Guest House, Wijdan Nandiwardhana (23), yang mengelola sekitar 50 homestay di Jogja.

1. Lebih murah

Sama seperti hotel, harga homestay juga bervariasi tergantung kemewahan, fasilitas, dan kapasitas yang ada. Mulai yang pakai kipas angin hingga yang pakai AC dan ada fasilitas kolam renangnya. Tapi jika dihitung, ternyata menginap di homestay bisa lebih murah bagi mereka yang berombongan.


Ardhan, panggilan akrab Wijdan Nandiwardhana, mengungkapkan jika kebanyakan penghuni homestay adalah mereka yang bepergian ramai-ramai seperti liburan bareng, agenda kantor, atau acara lain yang dilakukan oleh banyak orang.

Ardhan mencontohkan, saat ada mahasiswa luar Jogja yang memesan homestay seharga Rp 1,1 juta per malam, maka dengan kapasitas 25 orang setiap orang hanya akan membayar Rp 44 ribu. "Homestay harga backpacker mulai dari Rp 200 ribuan hingga yang jutaan ada, tinggal sesuai keinginan fasilitasnya saja," kata Ardhan.

2. Bisa dihuni banyak orang

Salah satu kelebihan homestay adalah bisa dihuni banyak orang. Maka dari itu, kebanyakan pengguna homestay adalah mereka yang bepergian berombongan dari kisaran 5 orang hingga puluhan orang. Maka tak heran jika menurut Ardhan, pengguna homestay rata-rata adalah rombongan keluarga yang menghadiri wisuda atau pernikahan, hingga rombongan kantoran yang sedang bertugas atau ada event tertentu di luar kota.


"Sebenarnya bisa saja dihuni satu atau dua orang, tapi jatuhnya tiap orang tidak murah lagi," kata mahasiswa STMIK Amikom Yogyakarta ini.

3. Cocok untuk berkumpul

Salah satu keuntungan menggunakan homestay adalah ritual berkumpul yang nggak hilang. Karena selain kamar, di homestay tentunya ada ruang tamu dan ruang kosong lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk berlumpul. Hal itu tentu akan sulit dilakukan saat tinggal di hotel karena tersekat dengan kamar yang ada.


4. Merasakan seperti di rumah sendiri

Ya, namanya juga tinggal di rumah. Suasana saat di rumah tetap bisa dibawa meskipun sedang ke luar kota. Fasilitas yang ada tentu tak beda jauh dengan yang ada di rumah pada umumnya. "Kayak di rumah sendiri lah, ada fasilitas makan. Kalau ingin masak juga bisa," kata Ardhan.


5. Lebih fleksibel, molor sedikit nggak masalah

Ardhan menuturkan biasanya pengelola homestay lebih fleksibel dalam berbagai hal, termasuknya dalam urusan waktu. "Tinggal negosiasi saja. Kalau memang hari selanjutnya tidak ada pemesan lain, biasanya bisa dinego dalam urusan waktu kok," kata Ardhan.


6. Bisa ditawar juga jika hunian lama

Menurut Ardhan, ternyata sebagian homestay bisa ditawar. Hal itu berlaku ketika si pemesan akan menggunakan homestay tak cuma sehari, melainkan berhari-hari bahkan hingga seminggu lebih. Jadi pintar-pintar yang memesan saja.


7. Ada fasilitas tambahan seperti di hotel

Sebagian homestay juga memberikan fasilitas pendukung layaknya hotel seperti makan, laundry, bahkan hingga rental mobil untuk berlibur. Tentu semuanya itu perlu tambahan biaya di luar biaya homestay yang telah disepakati.

Nah, itu dia 7 alasan kenapa homestay bisa jadi pilihan saat kamu bersama teman-temanmu sedang pergi ke luar kota. Tertarik mencoba pakai homestay?

Baca Artikel Lain:

0 Response to "7 Alasan Homestay Bisa Jadi Pilihan Saat ke Luar Kota"

Posting Komentar